About

Pages

Jumat, 12 Juli 2013

DITEBUS DENGAN DARAH YANG MAHAL

Bacaan Alkitab : Yesaya 43 : 1-7
"Tetapi sekarang, beginilah firman Tuhan yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.
Sebab Akulah Tuhan, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.
Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.
Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau, Aku akan mendatangkan anak cucumu dari timur dan Aku akan menghimpun engkau dari barat.
Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi.
semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku
yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku,
yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Ayat Renungan : I Petrus 1 : 18 - 19
" ... kamu telah ditebus ... dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat."


Dalam menjalani hidup sesuai kehendak Bapa, langkah utama kita adalah: Memberi diri dipimpin Roh Kudus dan hidup dalam Firman-Nya (Baca: Yohanes 16:13-15, "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apayang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."). Hari ini, kita belajar dari Bacaan Alkitab dan Ayat Renungan, bahwa : "Bapa Sorgawi berkehendak, agar dalam membahas tentang penebusan kita, janganlah dipisahkan dari penebus bangsa Israel, ketika keluar dari Mesir."
  1. Menurut Yesaya 43:1, Bangsa Israel keluar dari Mesir dengan selamat dan tidak kurang suatu apapun, karena darah domba paskah (Baca: keluaran 12:1-14). 
  2. Menurut I Petrus 1: 18-19 , kita telah ditebus dari cara hidup yang sia-sia oleh Darah Anak Domba Allah, yaitu Darah Kristus.
  3. Bandingkan: Darah Domba Paskah dengan Darah Anak Domba Allah : lalu, jujurlah mengaku, bahwa harga tebusan kita adalah tak ternilai, dibandingkan dengan bangsa Israel ketika keluar dari Mesir (Baca: Yesaya 43:4a).
  4. Menurut Keluaran 13 : 17-18, Allah tidak menghendaki bangsa Israel kembali lagi ke Mesir! Demikian juga, Bapa berkehendak agar kita yang telah menerima penebusan dalam Darah Kristus, tidak kembali kepada hidup/ manusia yang lama. (Baca : Efesus 4:17-24 & II Petrus 2:20-22). Demikianlah saudaraku, kita belajar mengenall kehendak Bapa dari Firman-Nya dan melakukan kehendak-Nya, saudara pasti menyenangkan hati Bapa. Selamat!

0 komentar:

Posting Komentar