About

Pages

Jumat, 12 Juli 2013

PERGUNAKAN WAKTU YANG ADA SUPAYA MENGERTI KEHENDAK TUHAN

Bacaan Alkitab : Efesus 5 : 15 - 21
"Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus."

Ayat Renungan : Efesus 5 : 16 - 17
"Pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat ... usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan."


Efesus 5:15-17 berhubungan erat dengan kondisi-kondisi Zaman Akhir, dimana kejahatan semakin meningkat (Baca: II Timotius 3:1-5 , "Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu daripada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!"  ;
II Tesalonika 2:7 , "Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan." 
 & Yudas 1:17-19, "Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus. Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka." Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.").
Karena itu, Alkitab menasihati kita agar :
  1. Hidup sebagai orang arif/bijak, bukan sebagai orang bebal (Baca: Efesus 5:15).
  2. Menggunakan waktu yang ada sekarang ini secara bijak pula (Baca juga: I Petrus 4:2).
  3. Berusaha/berjuang senantiasa untuk mengerti kehendak Tuhan (Baca: Efesus 5 : 17). Saudaraku, lakukanlah hal-hal itu dengan senang hati, agar saudara tetap terpelihara dalam Tuhan Yesus, sampai Ia datang kembali !

0 komentar:

Posting Komentar