About

Pages

Jumat, 12 Juli 2013

DUA POHON DI TAMAN EDEN

"Dua Pohon di Taman Eden"
Kejadian 2 : 8-9
" Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat."
   Kalau kita membaca Kejadian 2 : 9, kita dapat berkata begini: "Secara tersurat, tidak dijelaskan tentang tujuan Allah menumbuhkan baik pohon kehidupan, maupun pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat!" Amin? Tetapi, jika kita membaca Kejadian 3 : 22, kita bisa tarik kesimpulan begini : "Dua pohon di Taman Eden itu memiliki kepentingan khusus" :
  1. Pohon Kehidupan - dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kematian jasmaniah - Baca juga Wahyu 2 : 7, dan imanilah, bahwa Pohon Kehidupan juga berbicara tentang "Hidup Kekal!" 
  2. Pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat - dirancang untuk menguji iman dan ketaatan Adam kepada Allah dan Firman-Nya.
    Perhatikan :
  • Allah menciptakan manusia sebagai "mahluk moral", dengan Kehendak bebas, serta kemampuan untuk memilih secara bebas,  apakah dia mau mengasihi dan mentaati Sang Pencipta, atau sebaliknya, untuk memberontak dan tidak mentaati segala Kehendak-Nya!
  • Baca : Kejadian 2 : 16-17... "Janganlah kau makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." Ingat ini: Perintah ini diberikan Allah kepada Adam "sebagai ujian moral!"  Bayangkan Adam diingatkan bahwa dia akan mati jikalau melanggar ketetapan itu dan tidak mentaati Kehendak Allah!
  • Ancaman ini harus diterima oleh Adam dengan iman berdasarkan Firman Allah, karena Adam belum melihat kematian manusia!
  • So, sejauh Adam mempercayai Firman Allah serta mentaatinya, dia akan terus memiliki Hidup Kekal dan juga hubungan yang indah dengan Allah.
  • Sebaliknya, jika dia melawan karena tidak taat, dia akan menuai bencana moral dan kematian!
     Akhirnya, ketika Hawa ditipu oleh ular di Taman itu, lalu makan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat dengan persetujuan suaminya, mereka terjatuh ke dalam dosa! Segera setelah Kejatuhan itu, mereka bersikap saling menghakimi! Dari sini kita melihat suatu makna rohani yang dalam:
"Jika seseorang makan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, kita akan cenderung membalas kejahatan dengan kejahatan!" So, pilihlah kehidupan, dan bukan kematian!


"Lalu Tuhan Allah menumbuhkan berbagai bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat."
Kejadian 2 : 9

0 komentar:

Posting Komentar