About

Pages

Senin, 15 Juli 2013

BERJUANG SAMPAI AKHIR! KENAPA TIDAK?

 dari Kotbah 17 Februari 2013
"BERJUANG SAMPAI AKHIR! KENAPA TIDAK?"

Ibrani 12 : 1 - 4
"Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa. Dalam pergumulan kamu melawan dosa kamu belum samapai mencucurkan darah."
     Sebuah pertanyaan dijawab dengan sebuah pernyataan keras! Itulah yang kita dapati pada Lukas 13 : 22-30  ini - "Sedikit sajakah orang yang diselamatkan? .... Berjuanglah untuk masuk lewat pintu yang sesak itu!" Ini suatu peringatan bagi setiap orang percaya: "Pertobatan dan kelahiran baru, hanyalah sebuah langkah awal!" selanjutnya, harus berjuang untuk menghadapi tantangan dan godaan yang akan merongrong kehidupan baru itu, agar tidak mencapai garis akhir sesuai kehendak Tuhan. kata "BERJUANG" diterjemahkan dari kata Yunani "AGONIZOMAI", yang mempunyai beberapa pengertian:
  1. Bertanding dalam sebuah pertandingan (Baca: I Korintus 9 : 25 ...."Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.").
  2. Melawan, secara fisik (Baca: Yohanes 18 : 36 ...."Jawab Yesus:"Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini.").
  3. Bertekun dalam iman di tengah tantangan dan godaan (Baca: I Timotius 6 : 12 ...."Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi." & II Timotius 4 : 7 ...."Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.").
  4. Bersedia menderita dalam perjuangan, agar mendapatkan upah di garis akhir (Baca: Filipi 3 : 12 ...."Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus."& Ibrani 4 : 1 ...."Sebab itu, baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang di antara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentian-Nya masih berlaku.").
  5. Pengorbanan dalam pelayanan, bagi kepentingan jemaat Tuhan (Baca: Kolose 1 : 24 ...."Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat." Kolose 1 : 29 ...."Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan Kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku."  dan Kolose 4 : 12 ...."Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagi orang-orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah." ). 
Demikianlah pengertian AGONIZOMAI menurut  Dr. Spiros Zodhiates, bahwa kelima pengertian itu menggambarkan "Halangan dan rintangan dalam pengembangan kerohanian orang percaya, yang harus dilawan dan diatasi dengan berbagai usaha, agar senantiasa berada dalam kemenangan."
       
       Ingat ini: Untuk masuk lewat pintu yang sesak itu, tidak cukup hanya dengan keinginan saja! Harus juga disertai dengan kerelaan untuk berjuang dengan penuh semangat, bahkan berusaha dengan sekuat tenaga, tanpa menyerah! Saudara mau berjuang?
  • Jangan tunda-tunda, mulailah hari ini!
  • Jangan patah semangat!
  • Biarlah rohmu menyala-nyala dan berjuanglah sampai ke garis akhir. Selamat! 



"Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan? Jawab Yesus... Berjuanglah untuk masuk,
 lewat pintu yang sesak itu! ...Banyak orang
 akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat."
Lukas 13 : 23-24.

0 komentar:

Posting Komentar