About

Pages

Jumat, 12 Juli 2013

MENGENAL ROH KUDUS LEBIH DALAM

"Mengenal Roh Kudus Lebih Dalam"
II Korintus 5 : 1-9

"Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini, sebab dengan demikian kita berpakaian dan tidak kedapatan telanjang. Sebab selama masih diam didalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup. Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita. Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan, sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan. Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya."
    Kita telah belajar selama ini tentang lambang-lambang Roh Kudus di Alkitab, antara lain: "Angin, Api, Air, Hujan, Minyak bahkan Merpati." Dalam Tema Minggu ini, kita akan membahas tentang lambang Roh Kudus, yang barangkali tidak lazim bagi kita, yaitu "JAMINAN." Baca lagi: II Korintus 5 : 5 dan perhatikan kalimat ini ... "Allah... yang mengaruniakan Roh kepada kita, sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita."
     Perhatikan:
  1. Kata Dalam Bahasa Inggris kuno untuk JAMINAN adalah UANG PANJAR, yang artinya CICILAN, yaitu sebagian kecil dari sesuatu pembayaran, yang sekarang diberikan sebagai TANDA JADI untuk pemilikan total di masa yang akan datang. 
  2. Kata Ibrani untuk uang panjar atau jaminan adalah "ARAB", yang dalam Kejadian 38 : 17, diterjemahkan sebagai TANGGUNGAN... Yehuda berjanji akan mengirimkan hadiah untuk Tamar. Karena Tamar tidak puas dengan janji saja, dia meminta TANGGUNGAN, jadi Yehuda memberikan cincin meterai, serta kalung dan tongkatnya....
  3. Dalam Nehemia 5 : 3, kata ARAB, diterjemahkan sebagai GADAI. Tentu saja kita semua tahu apa itu Gadai! Amin?
    So, jika Roh Kudus adalah Jaminan atau Tanggungan Allah, bahwa Ia akan menggenapi semua yang telah dijanjikan-Nya kepada kita yang adalah anak-anak-Nya, maka kita dapat berkata dengan iman sesuai Galatia 4 : 6-7, sebagai berikut : "Sebagai anak-anak Allah yang dimeteraikan dengan Roh Kudus di hati kita, kita adalah Ahli Waris oleh Allah! So, kita berhak menerima janji-janji Bapa, sejauh kita selalu dipimpin Roh Kudus."
Baca juga: Roma 8 : 14-17, dan Efesus 1 : 13-14, dan imanilah, bahwa: "Kita akan menikmati janji-janji Bapa itu dari sehari ke sehari, sampai kita masuk dalam kemuliaan kekal bersama Tuhan Yesus Kristus. Haleluyah!"
     Lalu, apa hubungan semuanya itu dengan mengenal Roh Kudus lebih dalam? Sederhana saja: Dengan mengenal Sang Penjamin lebih dalam, kita akan semakin mengetahui, "Apa yang Roh Kudus lakukan di Hadirat Bapa untuk kebaikan kita, dan apa kewajiban kita terhadap Roh Kudus!" Amin? So, nikmatilah hidup ini dalam jaminan-Nya!


"Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh kepada kita, sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita."
II Korintus 5 : 5

0 komentar:

Posting Komentar