About

Pages

Jumat, 12 Juli 2013

JADILAH ORANG DENGAN KEPRIBADIAN BARU DALAM SEGALA PERBUATAN DAN PIKIRAN

Bacaan Alkitab : Efesus 4 : 17 - 24
Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka. Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya."

Ayat renungan : Roma 12 : 2b FAYH
" Jadilah orang dengan kepribadian yang sama sekali baru dalam segala perbuatan dan pikiran."


Saudaraku, kita telah membahas langkah pertama dan kedua, sebagai persiapan untuk mengenal Kehendak Bapa. Hari ini, kita bahas Langkah ketiga - Roma 12 : 2B FAYH.
Saya berikan sebuah ilustrasi :
Seorang mahasiswa yang menginginkan lulus dalam ujian semesternya, akan duduk berjam - jam di depan meja belajarnya dan mempelajari dengan asyik dan serius semua catatan kuliah dan buku-buku wajibnya. Ia mencoba memperbaharui dalam ingatannya semua hal yang pernah diterimanya di ruang kuliah. Dia melakukan semuanya itu supaya lulus dengan baik.
Hasilnya, dia senang, keluarga senang, sang dosenpun senang! Amin? Itulah yang dimaksudkan Alkitab dalam Roma 12:2B itu!
  • Akal kita, hati kita, roh kita, seluruh hidup rohani kita, harus senantiasa disegarkan dengan tinggal di hadirat Tuhan dan menekuni Firman-Nya!
  •  Ingat ini:  Yohanes 15:7 - The Message berkata: " Jika kamu membuat dirimu betah tinggal bersama-Ku dan Firman-Ku betah tinggal di dalam kamu, kamu boleh yakin, bahwa apapun juga kamu minta akan didengar dan dikabulkan." 
Puji Tuhan! Itulah yang Bapa Sorgawi kehendaki! Sebab, hanya dalam persekutuan yang intim dengan Bapa dan menekuni Firman-Nya, kita menjadi anak-anak Bapa yang menyenangkan hati-Nya. Dan, kepada kitalah Ia menyatakan Kehendak-Nya! Amin?
Secara garis besar, saya ulangi ketiga langkah persiapan itu:
  1. Penyerahan dan penundukkan diri.
  2. Menolak pola hidup duniawi.
  3. Menyukai perkara-perkara rohani.
Selamat berjuang, saudaraku, Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Posting Komentar