About

Pages

Jumat, 12 Juli 2013

ROH KEBENARAN AKAN MEMIMPIN KE DALAM SELURUH KEBENARAN

Bacaan Alkitab : Roma 8 : 9-17
"Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
Tetapi jika Kristus ada di dalam kau, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.
Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kau akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" 
Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia."

Ayat Renungan : Yohanes 16 : 13A
"Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran."

Saudaraku, ada dua kata dalam bahasa Inggris, yang diterjemahkan Kebenaran!

  1. Righteousness, artinya Keadilan,
  2. Truth, artinya Kebenaran, dan ini berbicara mengenai Firman Tuhan (Baca: Yohanes 17 : 17... Firman-Mu adalah kebenaran).
Dalam Yohanes  16 : 13A, Roh Kudus disebut Roh Kebenaran (The Spirit of Truth), yang akan memimpin kita ke dalam seluruh Kebenaran (Into all Truth) - Terjemahan ini diambil dari terjemahan NIV. Ingat: "Roh Kudus akan memimpin kita!"
Lalu, dalam Roma 8 : 14, kita belajar Fakta Alkitabiah ini: "Sebagai anak-anak Allah, sudah selayaknya kita memberi diri dipimpin oleh Roh Kudus (Roma 8 : 14), dan bertumbuh menjadi anak-anak Allah yang dewasa rohaninya!" (Kata anak dalam Roma 8 : 14 diterjemahkan dari kata Yunani "HUIOS", artinya, anak yang dewasa!).
Lalu, kalau kita gabungkan Yohanes 16 : 13a dengan Roma 8 : 14, kita temukan lagi Fakta Alkitabiah ini:
"Setiap anak Tuhan yang dipimpin Roh Kudus, akan hidup dalam Firman Tuhan, dan bertumbuh menjadi dewasa secara rohani!" So, don't forget!

0 komentar:

Posting Komentar